Tips untuk managemen waktu yang lebih baik

Manajemen waktu adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menyeimbangkan waktu kamu untuk kegiatan belajar atau bekerja, bersantai, dan beristirahat secara efektif. Sebenarnya, manajemen waktu bukan sesuatu yang bersifat baku, melainkan sesuatu yang flexibel dan terus berkembang. Terdapat beberapa tips yang harus kamu jalani untuk dapat terus mengembangkan manejemen waktu yang sudah kamu miliki.

  1. Kuasai managemen stress

Stress dapat muncul dari banyaknya tekanan yang kamu terima, muali dari pekerjaan hingga lingkungan social. Stress dapat berpengaruh pada aktivitas harian. Dari kesulitan berpikir jernih hingga manajemen waktu yang kamu punya. Mengatur manajemen stress, memungkinkan manajemen waktu yang kamu miliki menjadi lebih efektif.

  1. Coba untuk menaikan standar kerja kamu

Mengetahui segala hal tentang pekerjaan kamu, tentu akan membuat manajemen waktu kamu lebih efektif. Menaikan standar kerja dapat menjadi salah satu cara untuk mengefektifkan manajemen waktu ini. Diantaranya dengan menguasai skill questioning and challanging.

  1. Tingkatkan kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu kamu dalam menjalin relasi dalam berhubungan dengan sesama teman kantor. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, dapat mengurangi kesalahpahaman yang mungkin terjadi di kantor. Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang lebih efektif.

  1. Fokus

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat manajemen waktu yang lebih efektif adalah tetap fokus. Dimulai dengan fokus dalam mengerjakan tugas, berusahalah membuang sementara pikiran-pikiran lain yang dapat menghambat kamu mengerjakan tugas. Dengan fokus menyelesaikan satu tugas sebelum beralih ke tugas selanjutnya, tentunya kamu akan mendapati manajemen waktu yang lebih efektif.

  1. Buat perencanaan

Perencanaan akan mempermudah kamu menentukan tugas apa yang harus lebih dulu kamu kerjakan. Dengan adanya perencanaan, kamu tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus kamu lakukan setelah menyelesaikan satu tugas.

  1. Berani mengambil keputusan

Manajemen waktu tidak akan berkembang jika kamu tidak dapat mengambil keputusan untuk diri kamu sendiri. Mulai belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil resiko, karena sesungguhnya resiko yang kamu dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri kamu semakin berkembang.

  1. Mencari motivasi diri

Mempunyai motivasi diri, artinya kamu dapat lebih menguasai diri dan lebih mampu mengendalikan diri sendiri. Saat kamu telah merasa bertanggung jawab akan dirimu sendiri, kamu akan dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu yang kamu miliki.

  1. Menyusun skala prioritas

Menyusun skala prioritas adalah menentukan hal apa saja yang harus kamu lakukan dan menghindari kamu dari hal-hal yang seharusnya kamu tidak lakukan. Jika kamu salah dalam menyusun skala prioritas, manajemen waktu kamu tidak akan berkembang atau bahkan menjadi berantakan.

 

Sumber: https://glints.com/id/lowongan/tips-untuk-manajemen-waktu/

Related Posts

Leave a comment